Fungsi Norma Sosial dalam Menciptakan Integrasi Sosial

Norma dalam masyarakat sangat berperan dalam memberikan stabilitas kehidupan. Coba bayangkan jika di suatu daerah tidak terdapat suatu nilai dan norma social yang berlaku, pastilah daerah tersebut akan mengalamu kekacauan dan pola kehidupannya akan mengalami penyimpangan. Misalnya, di daerah Papua dimana daerah tersebut belum mampu melembagakan suatu norma, akibatnya masyarakat di sana tidak tahu bagaimana cara berpakaian yang sopan di depan umum, bagaimana cara mereka mengikat tali perkawinan yang suci sesuai agama, dan bagaimana mereka bersosialisasi dengan damai. 

Peran norma secara umum adalah untuk mengatur pola kehidupan masyarakat agar pola perilaku yang ditunjukkan seimbang, tidak merugikan, serta tidak menimbulkan ketidakadilan. Dalam masyarakat modern saat ini memang sangat dibutuhkan peran dari nilai dan norma. Hal ini digunakan agar masyarakat modern tidak berlaku sekehendak hatinya. 

Secara lebih rinci fungsi norma dalam masyarakat antara lain sebagai berikut: 

1. Pedoman hidup yang berlaku bagi semua anggota masyarakat pada wilayah tertentu. 

2. Memberikan stabilitas dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat. 

3. Mengikat warga masyarakat, karena norma disertai dengan sanksi dan aturan yang tegas bagi para pelanggarnya. 

4. Menciptakan kondisi dan suasana yang tertib dalam masyarakat. 

5. Adanya sanksi yang tegas akan memberikan efek jera kepada para pelanggarnya, sehingga tidak ingin mengulangi    perbuatannya melanggar norma.

0 komentar:

Posting Komentar

  © NOME DO SEU BLOG

Design by Emporium Digital